Menu
Nasional
Megapolitan
Daerah
Politik
Hukum
Video
Indeks
About Us
Social Media

Viral! Beredar Video Murka Jenderal Dudung Perintahkan Prajurit Kecam Effendi Simbolon, Pakar: Ini Masuk Penyalahgunaan Wewenang..

Viral! Beredar Video Murka Jenderal Dudung Perintahkan Prajurit Kecam Effendi Simbolon, Pakar: Ini Masuk Penyalahgunaan Wewenang.. Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
WE NewsWorthy, Jakarta -

Pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie menilai Kepala Staff Angkatan Darat (KASAD) Dudung Abdurahman menyalahgunakan wewenang saat menanggapi pernyataan Effendi Simbolon.

Connie menilai tindakan Dudung abuse of power lantaran mengarahkan anggotanya untuk ramai-ramai membuat video ancaman dan kecaman.

Baca Juga: Effendi Simbolon Sebut TNI 'Gerombolan Lebih-lebih Ormas', Gatot Nurmantyo Naik Pitam: Saya Merasa Tersakiti

"Buat saya, karena sekali lagi kita bicara tentang tentara, ini bisa masuk penyalahgunaan wewenang," ujar Connie seperti dikutip dari Channel YouTube salah satu TV Swasta.

Dia menilai seorang negarawan tidak layak menyelesaikan masalah dengan cara seperti itu.

"Tapi ternyata ini diperintah, maka saya bertanya, apakah begini cara seorang negarawan menyelesaikan masalah. Karena bagaimanapun Pak Dudung itu bintang 4, beliau negarawan ya. Lalu kita bicara angkatan bersenjata gitu loh. Dengan ini kan saya jadi bertanya. Berhakkah Pak Dudung menggunakan angkatan bersenjatanya untuk melakuka ini?" ujar dia.

"Kan ada cara untuk melakukannya dengan lebih baik. Buat saya karena sekali lagi kita bicara soal tentara, ini bisa masuk penyalahgunaan wewenang," imbuhnya.

Diketahu TNI AD di berbagai daerah ramai-ramai mengecam anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon. 

Angkat suara para perwira tersebut ternyata berangkat dari adanya perintah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Dudung Abdurachman.

Saat memberi arahan, Dudung didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto. Dudung meminta jajarannya tak jadi ayam sayur, yang hanya diam.

"Kita jadi petarung, jadi jagoan. Jangan jadi ayam sayur. Saya lihat itu diam semua. Nanti lihat tanggal 26, saya buktikan pada kalian... (ucapan tidak jelas)," ujar Dudung dalam video tersebut dikutip Kamis (15/9/2022).

Dudung lalu meminta jajarannya tidak diam. Dudung menyebut sosok 'dia' yang dinilai Dudung tak memiliki pengaruh. Namun tak dijelaskan secara rinci pengaruh seperti apa yang dimaksud Dudung.

Penulis/Editor: Devi Nurlita

Advertisement

Bagikan Artikel: