Jokowi Pidato Bahas Politik Identitas dan Polarisasi, Eh Ada yang Nyeletuk: Muncul Lagi Deh Ini Hantu, Padahal Udah Adem

Jokowi Pidato Bahas Politik Identitas dan Polarisasi, Eh Ada yang Nyeletuk: Muncul Lagi Deh Ini Hantu, Padahal Udah Adem Kredit Foto: Kemen-PPPA

Pengamat politik dari Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (Kedaikopi), Hendri Satrio mengatakan bahwa isu politik identitas menjadi kembali ramai dibahas. Ini dikarenakan pidato Presiden Jokowi yang menyinggung masalah itu.

“Pak Jokowi pidato menyebut politik identitas, jadi muncul dan ramai lagi deh ini ‘hantu’, padahal sudah adem kami ini,” kata pria yang akrab disapa Hensat melalui akun Twitternya, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga: Nggak Boleh Berhenti, Jokowi Berpesan Pembangunan IKN Harus Dijaga Keberlanjutannya: Ini Bukan Hanya untuk ASN, Tapi Para…

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi berpidato dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD pada hari ini Selasa 16 Agustus 2022. Dalam kesempatan ini, Jokowi membahas sejumlah hal terkait berbagai kondisi terkini di Indonesia.

Salah satunya Jokowi menyampaikan terkait Pemilu 2024. Jokowi mengatakan, tahapan Pemilu 2024 sudah mulai berjalan dan harus didukung sepenuhnya.

“Adapun untuk tahapan pemilu yang sedang dipersiapkan oleh KPU harus kita dukung sepenuhnya,” kata Jokowi.

Ia juga mewanti-wanti semua pihak agar menghindari politik identitas pada Pemilu 2024 mendatang. Selain itu dia juga mengingatkan soal polarisasi akibat Pemilu.

“Saya ingatkan, jangan ada lagi politik identitas. Jangan ada lagi politisasi agama. Jangan ada lagi polarisasi sosial. Demokrasi kita harus semakin dewasa. Konsolidasi nasional harus diperkuat,” tegas Jokowi.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

NW Discover

Terkini