Jokowi ke Rusia dan Ukraina, Omongan Guru Besar UI Makjleb: Bikin Malu Bangsa dan Negara, Kemana-mana Bawa Kebohongan

Jokowi ke Rusia dan Ukraina, Omongan Guru Besar UI Makjleb: Bikin Malu Bangsa dan Negara, Kemana-mana Bawa Kebohongan Kredit Foto: Dok. BPMI Setpres

Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia yang disebut membawa misi perdamaian mendapat sorotan banyak pihak.

Tagar #JokowiBikinMalu pun trending topic di Twitter, lantaran klarifikasi Kantor Presiden Ukraina terkait pesan Zalensky yang dititip ke Jokowi untuk Putin.

Baca Juga: Upaya Perdamaian Jokowi Dianggap Sepele, Anies Dihina, Refly Harun: Maksudnya Apa, Apalagi Kalau...

Salah satu yang berkomentar terkait hal ini yaitu Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof Ronnie Higuchi Rusli.

Ia menyebut hal tersebut membuat bangsa dan negara menjadi malu.

"Bikin malu bagi bangsa dan negara, kalau pergi kemana-mana selalu kebohongannya tetap saja dibawa kesana dan kemari," ucapnya dikutip dari Twitter @Ronnie_Rusli yang berkomentar di akun @penikmatko_pi, Senin (4/7/2022).

Selain itu, Natalius Pigai juga turut berkomentar soal kejadian tersebut, bahkan aktivis HAM ini membuat kesimpulan kunjungan Presdien Jokowi.

"[email protected] tdk paham pesan dlm perang mesti tertulis. 2. Tdk bisa jaga martabat Zalensky .3. Serangan saat di Rusia tanda tdk dihargai. 4.Ada unsur bohong dunia. 4. Baru pertama kali dlm sejarah seorg Presiden dibantah. 5. Jokowi Gagal Total. 6. Bikin Malu," ucap Pigai dikutip dari Twitter @NataliusPigai2, Senin (4/7/2022).

Sebelumnya diberitakan, Kantor Presiden Ukraina menyatakan Zelenskyy hanya akan menyampaikan pesan kepada Putin secara terbuka. Hal tersebut disampaikan oleh Serhii Nikiforov, sekretaris pers untuk Kantor Presiden Ukraina.

"Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara presiden [Indonesia dan Ukraina] di Kiev," ujarnya, seperti dikutip dari Ukrainska Pravda, Minggu (3/7/2022).

Selanjutnya
Halaman

NW Discover

Terkait

Terpopuler

Terkini