Jakarta Dikepung Polusi Udara Berbahaya, PSI Gelar Aksi, Sigit Widodo: Maju Kotanya? Sesak Napas Warganya!

Jakarta Dikepung Polusi Udara Berbahaya, PSI Gelar Aksi, Sigit Widodo: Maju Kotanya? Sesak Napas Warganya! Kredit Foto: Twitter/@sigitwid

Sejumlah kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar aksi damai terkait masalah polusi udara di DKI Jakarta. Aksi ini sebagai pengingat bahwa polusi udara menjadi ancaman serius bagi warga Ibu Kota.

Juru Bicara PSI, Sigit Widodo mengatakan, DKI Jakarta menempati ranking pertama dengan kualitas udara terburuk di dunia. Ini tentu bukan prestasi, melainkan masalah yang harus dicarikan solusi.

Baca Juga: Waduh, Pesawat yang Ditumpangi Jokowi Berputar-putar di Perbatasan Turki-Iran, Ada Apa? Begini Dugaan Pengamat

"Sore ini kami mengingatkan kepada Warga Jakarta bahwa kota ini sekarang menempati ranking pertama kualitas udara terburuk di dunia," kata Sigit di akun Twitter pribadinya, Senin (27/6/2022).

Sejumlah kader PSI itu membawa poster berisi pesan kepada warga Jakarta soal polusi udara. Sigit sendiri membawa poster bertulis "Maju Kotanya? Sesak Napas Warganya!".

"Jakarta tidak sedang baik-baik saja," tulis Sigit.

Untuk diketahui, pada 15 Juni 2022, konsentrasi PM2.5 mengalami peningkatan dan mencapai puncaknya pada level 148 mikrogram per meter kubik dengan kategori tidak sehat.

Baca Juga: dr Tirta Soroti Masalah Polarisasi di Indonesia, Katanya Mirip Devide Et Impera Zaman Kolonialis: Padahal Dipelajari dari SD Sampai SMA

Kualitas udara di wilayah Jakarta memburuk disebabkan oleh kombinasi antara sumber emisi dari kontributor polusi udara dan faktor meteorologi yang menyebabkan terakumulasinya konsentrasi PM2.5.

PM2.5 merupakan salah satu polutan udara dalam wujud partikel dengan ukuran yang sangat kecil, yaitu tidak lebih dari 2,5 mikrometer.

NW Discover

Terkait

Terpopuler

Terkini