Menu
Nasional
Megapolitan
Daerah
Politik
Hukum
Video
Indeks
About Us
Social Media

Benarkah Jokowi Akan Mencabut Larangan Bukber Pejabat? Begini Kata Mahfud MD

Benarkah Jokowi Akan Mencabut Larangan Bukber Pejabat? Begini Kata Mahfud MD Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
WE NewsWorthy, Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menanggapi pertanyaan mengenai Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan mencabut larangan buka bersama (bukber) pejabat negara.

Mahfud MD mengatakan bahwa ia tidak pernah mendengar rencana Jokowi untuk mencabut larangan bukber di kalangan pejabat, namun yang bersangkutan bisa merubah aturan tersebut dengan mudah tanpa harus rapat bersama menteri.

Baca Juga: Gelar Rapat Bersama DPR Sore Nanti soal Rp349 T, Mahfud MD Diberi Saran Ketua MUI

"Wartawan bertanya kepada saya, 'apakah Pak Menko mendengar bahwa Presiden akan mencabut larangan buka bersama tersebut?' Saya menjawab bahwa saya tak pernah mendengar ada rencana Presiden seperti itu," kata Mahfud usai menghadiri acara Tadarus Kebangsaan Lembaga Persatuan Ormas Islam (LPOI) di sebuah hotel di Jakarta pada Sabtu (25/3/2023).

Pasalnya, aturan itu bukan berbentuk Keputusan Presiden (Keppres) atau Instruksi Presiden (Inpres), melainkan berbentuk Surat Edaran Sekretaris Kabinet (Seskab).

"Jadi apa pun reaksi dan usul publik cukup direspons oleh Seskab," ujar Mahfud dikutip dari akun Instagram pribadinya, Rabu (29/3/2023).

Di samping itu, Mahfud mengakui, pihaknya mematuhi larangan tersebut. Eks ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut menyampaikan, ia pun menggelar buka puasa hanya bersama istri.

Baca Juga: Kenapa Sokrates Dianggap Berbahaya oleh Negara?

Penulis/Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: