Menu
Nasional
Megapolitan
Daerah
Politik
Hukum
Video
Indeks
About Us
Social Media

Waduh! Heboh Soal Polri Diminta Kembali ke Naungan TNI, Refly Harun: Mestinya...

Waduh! Heboh Soal Polri Diminta Kembali ke Naungan TNI, Refly Harun: Mestinya... Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
WE NewsWorthy, Jakarta -

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menanggapi salah satu pernyataan dari warganet yang menyerukan agar institusi Polri dikembalikan berada di bawah naungan TNI.

Hal itu ditanggapi Refly Harun dalam video di Channel YouTube pribadi miliknya. Dalam tayangan tersebut, Refly Harun menentang adanya pengembalian Polri ke TNI.

Baca Juga: Heru Budi Disebut Tegas Soal Copot Semua Pejabat Jakpro yang Adakan Formula E dan Bangun JIS: Ini Sebagai Tanda...

Refly Harun juga membeberkan soal kedudukan Polri dan TNI bagi masyarakat dan negara.

"Enggak setuju jika Polri dikembalikan ke TNI terkait soal alat pemukul dan penguasa. Jadi kita nggak bisa membuat jalan keluar yang tidak sesuai dengan sistem dan karakter. Karena sekali lagi yang namanya polisi itu adalah sipil yang bersenjata," ungkap Refly Harun dikutip dari Channel YouTube pribadi miliknya, Sabtu (3/12).

"Dia adalah pelindung dan pengayoman masyarakat, urusannya adalah human security, keamanan manusia. Sementara TNI adalah alat perang, alat untuk mempertahankan keutuhan dan kedaulatan wilayah kesatuan negara Republik Indonesia," lanjutnya.

Refly Harun juga menegaskan bahwa antara Polri dan TNI sangat jauh berbeda.

Baca Juga: Anies Harus Hati-Hati, Fadli Zon Pegang 'Kartu' Rahasia Anies, Sandiaga Bilang Begini!

Penulis/Editor: Irania Zulia

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terkini

Lihat semuanya