Menu
Nasional
Megapolitan
Daerah
Politik
Hukum
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ganjar Didukung Presiden Jokowi, Anies Didukung Habib Rizieq, Ternyata Oh Ternyata

Ganjar Didukung Presiden Jokowi, Anies Didukung Habib Rizieq, Ternyata Oh Ternyata Kredit Foto: Fajar
WE NewsWorthy, Jakarta -

Menjelang Pilpres 2024, dua sosok ini selalu digambarkan saling berseberangan yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

Meski belum diketahui secara pasti siapa yang akan bertarung di Pilpres 2024 mendatang, kemungkinan adanya polarisasi seperti di Pilpres 2019 terulang lagi jika kedua tokoh itu yang akhirnya maju.

Baca Juga: Mengerikan! Loyalis Ganjar Bakal Bongkar Borok Anies Baswedan saat Pimpin DKI Jakarta, Siap-siap!

Analis politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Andi Ali Armunanto menjelaskan, Ganjar Pranowo yang mengikuti gaya kepemimpinan Jokowi dianggap sudah diatur sedemikian rupa. Tujuannya adalah memang hendak mengasosiasikan sosok Ganjar dengan Jokowi.

"Nanti muncul pandangan, ya Jokowi, ya Ganjar. Jadi kalau memang sekarang dilihat Ganjar mengikuti gaya Jokowi, ya, memang itu yang sengaja mau diciptakan," kata Andi, dilansir NewsWorthy dari WE Online, Sabtu (3/12/2022).

Artinya, sosok Jokowi ingin dilekatkan kepada Ganjar sebagai penerus. "Sehingga dalam proses peralihan ini, meskipun beralih nama, gaya dan sosok kepemimpinan itu kira-kira kurang lebih sama," sambungnya.

Sampai saat ini dukungan Jokowi terhadap Ganjar makin kuat. Siapa pun yang mendapatkan warisan jaringan politik dan kharisma politiknya, juga akan sangat kuat. "Jadi ini menjadikan Ganjar itu sebagai proksi dari Jokowi," tambah Ali.

Kemudian, terkait Anies Baswedan dengan tuduhan-tuduhan politisasi agama, sepanjang Habib Rizieq dan kawan-kawan masih menggunakan cara-cara dan masih bergabung dengan kelompok Anies, tentu isu fundamentalisme ini tidak bisa dihindari.

Bahkan, justru itu yang dihindari sebagian besar pemilih karena melihat gaya politik yang kasar yang ditunjukkan oleh Habib Rizieq dan kawan-kawan.

"Meskipun saya rasa itu berbasis syariah, kemudian masyarakat kita masih lebih senang dengan kesopanan dan tindakan-tindakan yang lebih menunjukkan penghargaan terhadap keberagaman. Kalau dengan demikian, kemungkinan Anies akan ditinggalkan oleh kelompok-kelompok Islam moderat," ucap Ali.

Baca Juga: Jokowi Didampingi Menlu Retno Dkk Resmikan Kick Off Keketuaan Indonesia ASEAN 2023

Penulis/Editor: Alfi Dinilhaq

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terkini

Lihat semuanya