Menu
Nasional
Megapolitan
Daerah
Politik
Hukum
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Punya Beban di Ranah Hukum Usai Lengser, Gawat Jika Anies Baswedan Sampai Menang Pilpres 2024

Jokowi Punya Beban di Ranah Hukum Usai Lengser, Gawat Jika Anies Baswedan Sampai Menang Pilpres 2024 Kredit Foto: YouTube/Sekretariat Presiden
WE NewsWorthy, Jakarta -

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan bakal capres Nasdem yang digadang-gadang akan maju di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Elektabilitas Anies Baswedan hingga sekarang masih tergolong tinggi, salah satunya karena ia dianggap sebagai tokoh antitesis dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Refly Harun Ungkap Penyebab Jokowi Mempunyai Kepentingan Terhadap Capres 2024, Pantes Anies Nggak Masuk

Namun, pengamat politik Refly Harun menilai bahwa Jokowi tidak akan membiarkan sosok antitesisnya memenangkan Pilpres 2024, kemungkinan Anies Baswedan termasuk.

"Tapi malah banyak hal yang barangkali kemudian menjadi beban dia, karena itu dia ingin memastikan 2024 itu tidak diisi oleh orang yang menjadi antitesis dirinya," ungkapnya.

Lantaran usai lengser beberapa hal pada pemerintahannya akan diusut, jika capres yang terpilih adalah sosok antitesis, karena pemerintahan Jokowi mempunyai sejumlah tugas yang belum diselesaikan.

"Atau bahkan barangkali bisa membahayakan dirinya, kok bisa begitu? Kita tahu bahwa ada beberapa hal yang menjadi PR bagi pemerintahan presiden Jokowi," ujarnya.

Salah satunya yang terjadi pada ranah hukum, yaitu terkait dengan kasus KM 50 atau penembakan 6 laskar FPI yang dilakukan oleh anggota Polda Metro Jaya. 

"Baik itu di ranah hukum maupun ranah non hukum, di ranah hukum misalnya kalau kita bicara mengenai agenda seperti KM 50 misalnya, apakah Presiden Jokowi tidak ketat-ketir kalau ini dibuka," ucapnya. 

Baca Juga: Kaesang Minat Masuk Politik, Wih! Jokowi Mau Bikin Dinasti Politik nih?

Penulis/Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

Advertisement

Bagikan Artikel: