Menu
Nasional
Megapolitan
Daerah
Politik
Hukum
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jusuf Kalla Sebut Presiden Jokowi Kini Telah Berubah, Analisis Refly Harun Tajam: Awalnya Berharap Kesederhanaannya...

Jusuf Kalla Sebut Presiden Jokowi Kini Telah Berubah, Analisis Refly Harun Tajam: Awalnya Berharap Kesederhanaannya... Kredit Foto: Instagram/Jusuf Kalla
WE NewsWorthy, Jakarta -

Ahli hukum tata negara Refly Harun angkat suara soal perilaku Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinilai berubah oleh mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK).

"Itu yang harus kita pahami ya, bahwa seseorang yang namanya manusia itu bisa berubah. Tapi kita harus nilai secara objektif," ucapnya dikutip dari Channel YouTube Refly Harun, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Jokowi Mobilisasi Massa Seolah Itu Relawan, Refly Harun Angkat Suara: Sangat Membuat Miris

Advokat ini menyebut bahwa pernyataan JK soal Jokowi yang kini berubah menandakan bahwa Presiden ke-7 RI itu harus dievaluasi.

“Karena awal-awal kan kita berharap bahwa dengan kesederhanaannya, dengan genuitasnya, Presiden Jokowi akan menghadirkan sebuah pemerintahan yang lebih pro rakyat,” kata dia.

“Apalagi dia kemudian mengusung tema Trisakti yang merupakan peninggalan Bung Karno,” tambahnya. 

Menurut Refly, tema ini menekankan pada berdaulat dalam bidang politik, kemudian dikali dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam berkebudayaan.

“Sekarang pertanyaannya adalah apakah dalam masa pemerintahan Presiden Jokowi itu sudah mengarah ke sana atau tidak? Bisa jadi justru sebaliknya barangkali, kok mengarahnya kepada different direction?” tanyanya.

Refly mengkritik bahwa jika dilihat selama masa kepemimpinan Jokowi, secara ekonomi Indonesia dinilai tidak lebih mandiri, karena bergantung sangat pada pinjaman asing terutama Cina. 

“Secara politik seolah-olah kita tidak berdaulat ya, terus-menerus tenaga asing masuk ke Indonesia dan seolah-olah Indonesia tidak punya power atau bargaining positions,” kata dia.

Baca Juga: Anies Harus Hati-Hati, Fadli Zon Pegang 'Kartu' Rahasia Anies, Sandiaga Bilang Begini!

Penulis/Editor: Alfi Dinilhaq

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terkini

Lihat semuanya