Lagi-lagi Jokowi Tunjuk Luhut Urus Masalah, Pengamat: Ini Bak Vonis Tidak Mampu Buat 2 Menteri Lainnya

Lagi-lagi Jokowi Tunjuk Luhut Urus Masalah, Pengamat: Ini Bak Vonis Tidak Mampu Buat 2 Menteri Lainnya Kredit Foto: Kementan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan untuk mengurus masalah minyak goreng. Luhut bakal menangani kelangkaan minyak goreng di Jawa dan Bali.

Ini bukan pertama kalinya Jokowi memberikan tugas tambahan kepada luhut. Jabatan yang diemban Luhut bervariasi, mulai dari Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri hingga Koordinator PPKM Jawa-Bali.

Menanggapi hal itu, pengamat politik Hendri Satrio atau akrab disapa Hensat menilai penugasan terhadap Luhut itu sebagai peringatan terhadap dua menteri Jokowi. Keduanya adalah Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Baca Juga: Ada yang Lebih Pas Urus Minyak Goreng, Jokowi Lebih Pilih Luhut, Menteri Itu Nggak Dianggap?

“Tugas penanganan minyak goreng dari Pak Jokowi ke Pak Luhut ini sebetulnya vonis kepada Menteri Lutfi dan Menko Airlangga,” kata Hensat di akun Twitter pribadinya, Rabu (25/5/2022).

Vonis yang dimaksud Hensat terkait dengan kinerja Airlangga dan Lutfi. Menurutnya, kedua menteri ini mungkin dianggap tidak dapat memenuhi tugas dari Presiden Jokowi.

“Vonis itu atas kapasitas dan ketidakmampuan mereka dalam bekerja memenuhi tugas Presiden,” ucapnya.

Jika demikian, kata Hensat, maka kedua menteri tersebut sebaiknya mundur dari jabatan pembantu Presiden Jokowi.

“Aneh rasanya bila sejoli ini tidak mundur dari kabinet,” imbuhnya.

Terkait

Terpopuler

NW Discover

Video Pilihan

Terkini