Puji UAS Sebagai Ulama Cerdas, Faizal Assegaf: Manuver Beliau Ingatkan Umat Soal Perjuangan Para Sultan dan Ulama Melayu Melawan VOC

Puji UAS Sebagai Ulama Cerdas, Faizal Assegaf: Manuver Beliau Ingatkan Umat Soal Perjuangan Para Sultan dan Ulama Melayu Melawan VOC Kredit Foto: Instagram/Ust. Abdul Somad

Pengamat Politik Faizal Assegaf menilai Ustaz Abdul Somad (UAS) dalah sosok ulama cerdas. Melalui kasus penolakan oleh Singapura, menurutnya UAS berhasil memantik umat Islam berpikir mengenai politik regional.

“UAS cerdas, berhasil memantik umat Islam berpikir politik regional agar tdk terjebak dalam gorong-gorong,” kata Faizal di akun Twitter pribadinya @faizalassegaf, Jumat (20/5/2022) malam.

Menurut Faizal sosok UAS mengingatkan umat Islam tentang perjuangan para sultan dan ulama Melayu ketika melawan penjajah.

Baca Juga: Isu UAS Ditolak Masyarakat Madura Terbantahkan, Ribuan Jemaah Banjiri Tablig Akbar di Sumenep

Baca Juga: Demo Bela UAS Bubar Diguyur Hujan, Komentar Guntur Romli: Tak Hanya Singapura, Alam pun Menolak

“Manuver UAS mengingatkan umat tentang perjuangan para sultan dan ulama Melayu melawan VOC. Ihwal itu jadi pemicu lahirnya perjuangan Islam melawan kejahatan kolonialisme. UAS top dah!,” ungkap aktivis 98 ini.

Untuk diketahui, kasus UAS berawal ketika dirinya tiba Singapura pada 16 Mei 2022 melalui Terminal Feri Tanah Merah dari Batam. Ia kemudian diinterogasi oleh petugas imigrasi setempat.

Setelah itu, Singapura memutuskan menolak UAS masuk wilayah mereka. UAS bersama rombongan pun dideportasi menggunakan feri kembali ke Batam di hari yang sama.

Kementerian Dalam Negeri (MHA) Singapura akhirnya buka suara perihal penolakan terhadap Ustaz Abdul Somad (UAS). 

UAS ditolak masuk Singapura lantaran dianggap menyebarkan ajaran ekstremis dan segregasi yang tidak dapat diterima di masyarakat multi-ras dan multi-agama Singapura.

Tak tinggal diam, UAS lantas mengklarifikasi tudingan yang dialamatkan kepadanya. Menurut UAS, apa yang ia sampaikan dalam ceramahnya merupakan ajaran yang ada di dalam Islam.

Terkait

Terpopuler

NW Discover

Video Pilihan

Terkini