Jokowi Cabut Larangan Ekspor Minyak Goreng Mulai 23 Mei 2022

Jokowi Cabut Larangan Ekspor Minyak Goreng Mulai 23 Mei 2022 Kredit Foto: Dok. BPMI Setpres

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk mencabut larangan ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng mulai Senin (23/5/2022).

Keputusan ini diambil Jokowi dengan mempertimbangkan sejumlah faktor. Hal itu disampaikan Jokowi dalam kanal Youtube Sekretariat Presiden, pada Kamis 19 Mei 2022.

Baca Juga: Waduh! Kejagung Kini Tangkap Mafia Impor Besi, Said Didu: Bubarkan Kemendag!

"Saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali," ujar Jokowi.

Jokowi mengungkapkan ekspor CPO kembali dibuka karena pasokan minyak goreng dalam negeri kini sudah terpenuhi.

Jokowi juga mengatakan harga minyak goreng curah rata-rata nasional terus menurun. Jokowi mengatakan harga rata-rata minyak goreng curah sebelum adanya larangan ekspor mencapai Rp19.800 per kg. Namun kini, kata Jokowi, harganya turun menjadi Rp17.200 sampai Rp17.600 per kg.

Meski begitu, Jokowi tak memungkiri harga minyak goreng curah di sejumlah daerah masih cukup tinggi. Namun, ia yakin dalam beberapa minggu ke depan harganya akan semakin terjangkau.

Selain itu, Jokowi mengatakan alasan pembukaan ekspor CPO ini juga dikarenakan adanya pertimbangan 17 juta orang yang bekerja di industri sawit, seprerti petani, pekerja, dan tenaga pendukung lainnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada petani sawit atas pengertian dan dukungan terhadap kebijakan pemerintah yg diambil untuk kepentingan masyarkaat yang lebih luas,” pungkasnya.

Terkait

Terpopuler

NW Discover

Video Pilihan

Terkini