Pemerintah Kembali Buka Keran Ekspor Minyak Goreng Mulai 23 Mei 2022, Jokowi: Kebutuhan Nasional Kita Sudah Tercukupi

Pemerintah Kembali Buka Keran Ekspor Minyak Goreng Mulai 23 Mei 2022, Jokowi: Kebutuhan Nasional Kita Sudah Tercukupi Kredit Foto: Dok. BPMI Setpres

Pemerintah memutuskan membuka kembali keran ekspor minyak goreng mulai Senin (23/5/2022). Hal ini disampaikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

Jokowi mengatakan, saat ini stok minyak goreng sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga kerja di industri sawit, baik petani, pekerja, dan juga tenaga pendukung lainnya, maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin, 23 Mei 2022,” kata Jokowi melalui Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga: Usai Polisikan Ruhut, Mega Juga Akan Laporkan Gilbert Simanjutak Terkait Dugaan Rasisme Terhadap Bangsa Papua

Jokowi menyampaikan, berdasarkan laporan dan pengecekan langsung di lapangan, pasokan minyak goreng terus bertambah. Hal ini setelah diberlakukannya kebijakan pelarangan ekspor minyak goreng beserta bahan bakunya pada 28 April lalu.

“Kebutuhan nasional untuk minyak goreng curah adalah sebesar kurang lebih 194 ribu ton per bulannya. Pada bulan Maret, sebelum dilakukan pelarangan ekspor, pasokan kita hanya mencapai 64,5 ribu ton. Namun setelah dilakukan pelarangan ekspor di bulan April, pasokan kita mencapai 211 ribu ton per bulannya, melebihi kebutuhan nasional bulanan kita,” jelasnya.

Meski demikian, Kata Jokowi, pemerintah akan terus mengawasi dengan ketat untuk memastikan minyak goreng tersedia dengan harga terjangkau di tanah air.

“Pemerintah akan tetap mengawasi dan memantau dengan ketat untuk memastikan pasokan tetap terpenuhi dengan harga terjangkau,” ujarnya.

Terkait

Terpopuler

NW Discover

Video Pilihan

Terkini