Blak-blakan Refly Harun Soal Mafia Migor: Saya Katakan Lin Che Wei Belum Tentu Bersalah, tapi...

Blak-blakan Refly Harun Soal Mafia Migor: Saya Katakan Lin Che Wei Belum Tentu Bersalah, tapi... Kredit Foto: Instagram/Refly Harun

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun angkat suara terkait penangkapan Lin Che Wei terkait kasus korupsi Crude Palm Oil (CPO) atau mafia minyak goreng oleh Kejaksaan Agung.

Refly menyebut Lin Che Wei bisa saja tak bersalah karena dalam kasus pidana ada asas praduga tak bersalah.

Baca Juga: Refly Harun Sayangkan Lin Che Wei Tergelincir Kasus Mafia Migor: Dia Itu Pengamat Ekonomi Terkenal, Tulisannya Banyak..

"Ada satu hal yang harus kita pahami bahwa kalau ada kasus pidana seperti ini tetap ada asas praduga tak bersalah," ucapnya dikutip dari YouTube Refly Harun Official, Kamis (19/5/2022).

Refly menyebut bahwa tak bisa juga mengatakan bahwa Lin Che Wei pasti bersalah, tapi itu juga tidak bisa diklaim benar.

"Saya katakan Lin Che Wei belum tentu bersalah, tapi Kejagung dalam menetapkan tersangka pasti nggak main-main pengumpulan datanya," ucapnya.

Pria lulusan FH UGM ini menambahkan meskipun disebut Relawan Jokowi, akan tetapi dalam dalam tindak pidana ada individual responsibility. 

"Kalau tindak pidana tentu kita mengenal individual responsibility. Maka siapa yang terlibat, dia harus bertanggung jawab. Dan tak ada kaitannya dengan organisasi sepanjang tak terlibat," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

NW Discover

Video Pilihan

Terkini