Kasus Mafia Minyak Goreng, Eks Pejabat BUMN Duga Lin Che Wei Orang Suruhan Menteri

Kasus Mafia Minyak Goreng, Eks Pejabat BUMN Duga Lin Che Wei Orang Suruhan Menteri Kredit Foto: Antara

Jaksa Agung St Burhanuddin mengaku heran Lin Che Wei sebagai pihak swasta bisa turut berperan mengambil kebijakan di Kementerian Perdagangan untuk menentukan Domestic Market Obligation (DMO). 

Lin Che Wei sendiri merupakan tersangka kasus dugaan korupsi ekspor minyak sawit mentah (CPO).

"Dia (LCW) orang swasta, tapi kebijakannya di situ (Kementerian Perdagangan) sangat didengar oleh Dirjen-nya (IWW)," kata Burhanuddin dalam keterangannya, Rabu (18/5/2022).

Merespons hal itu, Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu mengungkapkan, kemungkinan Lin Che Wei bisa ikut rapat menentukan kebijakan DMO karena ada penugasan dari menteri terkait.

"Pak Jaksa Agung yang terhormat, pengalaman birokrasi saya menyatakan bahwa orang tidak memiliki status resmi dan ikut rapat hampir dapat dipastikan bahwa yang bersangkutan ditugaskan oleh menteri atau atasnya menteri," jelas Said Didu melalui akun Twitter pribadinya @msaid_didu, Rabu (18/5/2022).

"Apalagi yang bersangkutan infonya jadi penasihat Menteri Perdagangan dan Menko Perekonomian," imbuhnya.

Untuk diketahui, Kejaksaan Agung telah menetapkan Lin Che Wei sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi pemberian fasilitas ekspor crude palm oil (CPO) dan turunannya, Selasa (17/5/2022).

Sebelum jadi tersangka, Lin Che Wei sempat diperiksa beberapa kali sebagai saksi selaku Penasihat Kebijakan/Analisa pada Independent Research & Advisory Indonesia.

Terkait

Terpopuler

NW Discover

Video Pilihan

Terkini