Menu
Nasional
Megapolitan
Daerah
Politik
Hukum
Video
Indeks
About Us
Social Media

Murid SD Ngeluh Kegerahan usai Anies Resmikan Konsep Net Zero Carbon di Sekolah: Beginilah Contoh Asal Kerja

Murid SD Ngeluh Kegerahan usai Anies Resmikan Konsep Net Zero Carbon di Sekolah: Beginilah Contoh Asal Kerja Kredit Foto: Andi Hidayat
WE NewsWorthy, Jakarta -

Pegiat media sosial Jhon Sitorus mengkritik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang meresmikan sekolah pertama di Indonesia dengan konsep ramah lingkungan net zero carbon atau netralitas karbon.

Diketahui, bangunan baru tersebut dikeluhkan siswa lantaran panas.

Baca Juga: Perdana Muncul ke Publik, Kekasih Brigadir J Minta Ferdy Sambo Cs Dihukum Seadil-adilnya

Jhon Sitorus menilai hal tersebut adalah contoh bahwa Anies Baswedan tidak bisa kerja.

Pernyataan itu disampaikan Jhon Sitorus dalam akun Twitter pribadinya, pada Kamis 29 September 2022.

"Beginilah contoh ASAL KERJA yang penting anggaran HABIS, 126 Miliar untuk sekolah bukannya menyelesaikan masalah malah menambah MASALAH BARU bagi siswanya," ujar Jhon Sitorus.

"Tentu akan ada lagi PERBAIKAN GEDUNG dan akan ada tambahan ANGGARAN dan KELEBIHAN BAYAR Enak ya jadi gubernur SEIMAN," pungkasnya.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan baru-baru ini meresmikan 4 sekolah dengan konsep net zero carbon atau netralitas karbon di ibu kota. Namun bangunan ramah lingkungan itu dikeluhkan oleh siswa sekolah karena membuat ruang kelas mereka jadi panas.

Ruangan kelas itu memang cukup panas karena karena kaca yang dipasang terlalu besar sehingga membuat pancaran sinar matahari langsung masuk ke dalam kelas. Lantas sebenarnya apa itu net zero karbon? Yuk simak penjelasannya sebagai berikut ini.

Bangunan dengan konsep net zero carbon adalah bangunan dengan emisi rendah dan hemat saat beroperasi. Dengan konsep ini, sebagian besar kebutuhan energinya dipasok dari sumber energi terbarukan. Alhasil secara emisi, karbon yang dihasilkan sangat minim.

Dinas Pendidikan (Disdik) mengungkap alasan pemilihan sekolah sebagai bangunan awal yang direvitalisasi dengan konsep ini. Sekolah diyakini bisa menjadi pioneer bangunan emisi rendah pertama bahkan mencapai neraca zero emisi.

Dalam peresmian empat sekolah dengan konsep net zero carbon tersebut, Anies Baswedan menjelaskan bahwa Jakarta berkomitmen menurunkan 30% emisi gas rumah kaca tahun 2030.

Kekinian, Jakarta sudah mencapai 26% sehingga tersisa 4% lagi. Diharapkan pada 2050 nanti, Jakarta bisa menjadi kota dengan Net Zero Emmission.

Penulis/Editor: Devi Nurlita

Advertisement

Bagikan Artikel: