Menu
Nasional
Megapolitan
Daerah
Politik
Hukum
Video
Indeks
About Us
Social Media

Geger! Buntut Pemakaian Kompor Listrik Bisa Memicu Meningkatnya Kemiskinan, Begini Penjelasan Pengamat Ekonomi

Geger! Buntut Pemakaian Kompor Listrik Bisa Memicu Meningkatnya Kemiskinan, Begini Penjelasan Pengamat Ekonomi Kredit Foto: PLN
WE NewsWorthy, Jakarta -

Pengamat ekonomi Anthony Budiawan menyoroti pemerintah yang akan mengganti MCB meteran listrik bagi konsumen daya 450 VA agar bisa menggunakan kompor listrik.

Saat konversi LPG 3 kg, agar pelanggan dengan daya 450 VA bisa memakai kompor listrik 1.000 watt, maka Miniature Circuit Breaker (MCB) akan diganti menjadi 3.500 watt.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Beri Solusi Menguntungkan Terkait Oversupply Listrik PLN: Presiden Jokowi Saatnya Pemerintah...

"Nanti diganti MCB-nya menjadi 3.500 watt untuk yang 450 (VA)," kata Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana yang dikutip dari CNN.

Anthony Budiawan menjelaskan bahwa daya listrik 450 VA atau maksimal 450 watt tidak akan cukup untuk pemakaian kompor listrik, ini sama saja dengan menghapusnya.

"Ini artinya sama saja menaikkan daya listrik menjadi 3500 watt. Dan sama saja menghapus 450VA: tidak ada 450VA=3500 watt?" ujarnya.

Penulis/Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

Advertisement

Bagikan Artikel: